cara menjaga kesehatan mulut untuk para bumil/ibu hamil

Kamis, 25 Agustus 2011

BAGI calon ibu, kehamilan merupakan masa paling rentan terhadap masalah kesehatan. Jadi, penting bagi para ibu hamil untuk lebih berhati-hati menjaga kesehatan namun sayangnya, kesehatan mulut sering terlupakan.

Padahal kesehatan mulut sangatlah penting untuk mendukung kesehatan tubuh sendiri dan pastinya janin. Memang ada hubungan antara kesehatan mulut perempuan hamil dan kesehatan janin. Bahkan, perempuan hamil yang memiliki penyakit periodontal mungkin tujuh kali lebih mungkin untuk memiliki bayi prematur. Dengan kebersihan mulut yang tepat dan diet kaya serat, mineral dan vitamin, ibu pastinya akan selalu sehat selama kehamilan. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan mulut bagi ibu hamil:

1. Sikat gigilah setidaknya selama 3-4 menit setiap hari.
2. Gosok dengan sikat membentuk sudut 45 dan bulu berada di sepanjang garis gusi. Sikat lembut permukaan gigi bagian luar dengan gerakan melingkar.
3. Bilas mulut dengan obat kumur antimikroba secara teratur. Obat kumur memang lebih mampu mencapai bagian-bagian dari mulut yang tak bisa dicapai sikat gigi.
4. Gunakan benang gigi secara teratur untuk membersihkan area di antara gigi dan bukan dengan tusuk gigi.
5. Mempertahankan menu makan sehat dan asupan vitamin C.
6. Cobalah untuk mengurangi makanan bergula

sumber : media indonesia

0 komentar:

Posting Komentar