cara menangani penyakit insomnia

Senin, 22 Agustus 2011

Insomnia dapat menyerang semua orang, baik cowo-cewe, tua-muda, dan semua golongan manusia. Terkena insomnia sangatlah tidak enak, banyak aktifitas jadi berantakan. Itulah yang pernah saya rasakan, nah sobat disini saya mau berbagi tips untuk mengatasi insomnia atau susah tidur. Sekedar info insomnia berbeda dengan amnesia lho Sob
Berikut tips untuk mengobati amnesia yang saya peroleh dari okezone, artikel-artikel, dan pengalaman saya sendiri:

Mandi air hangat
Temperatur tubuh Sobat secara alami menurun pada malam hari, mulai dua jam sebelum tidur hingga jam 4 pagi atau 5 pagi. Demikian menurut sebuah studi tahun 1997 yang dilakukan New York Hospital-Cornell Medical Center di White Plains, New York. Bila Sobat mandi di malam hari dengan air hangat, suhu Sobat akan naik perlahan sehingga Sobat bisa lebih rileks untuk tidur.

Mematikan lampu
Malam hari, tubuh Sobat melepaskan zat kimia melatonin, yang membuat Sobat mengantuk. Tapi, hanya jika Sobat menerima isyarat langsung dari lingkungan.
"Melatonin adalah hormon kegelapan yang tidak akan mengalir bila lampu sekitar Sobat menyala. Ada baiknya, transisi antara gelap dan terang pada pukul 9-10 malam," kata Walsleben.
Duduk di sebuah ruangan remang-remang sebelum bersiap tidur dapat menenangkan pikiran Sobat hingga siap tidur.

Mengatur aktifitas harian
Sobat dapat membantu tubuh menyadari bahwa waktu tidur sudah dekat dengan menetapkan rutinitas dan mengulanginya setiap malam.
"Kami menyarankan orang membangun rutinitas setiap malam sebelum naik ke tempat tidur, untuk membantu pergeseran otak mereka ke dalam mode tidur, seperti memakai piyama, menyisir rambut, atau menggosok gigi. Kebiasaan ini bisa membuat tidur sangat kondusif," kata Gary Zammit PhD, Direktur Sleep Disorders Institute di New York.

Jauhi kafein
Sebaiknya sobat hindari kafein setelah tengah hari jika Sobat punya masalah kurang tidur, karena kafein bisa merusak sistem untuk waktu yang lama. Kopi kebanyakan mengandung kafein maka dari itu jangan biasakan minum kopi di malam hari. Inget pesen dari mbah surip tuh… “banyakin ngopi kurangi tidur hahahaaaa” ayo siapa yang mo digendong ma mbah surip??

Jauhi alat elektronik
Sobat mungkin merasa rileks saat ngobrol dengan teman-teman sebelum pergi tidur atau online terus di mywapblog tapi ini membuat mata Sobat terus terjaga. Layar ponsel (termasuk juga televisi) adalah masalahnya. Sebelum tidur, mulai lambatkan otak Sobat dengan melakukan sesuatu yang menenangkan, seperti membaca di kursi yang nyaman—tempat selain tempat tidur. Kurangi menonton televisi dan online sebelum tidur.

Batasi makan dan minum malam
Seporsi makan besar atau snack pedas yang terlalu dekat dengan waktu tidur memaksa sistem pencernaan Sobat bekerja lembur dan seluruh tubuh Sobat terus terjaga. Dan, alkohol membuat Sobat mengantuk, tetapi mengganggu pola tidur sepanjang malam dan menjauhi dari tidur nyenyak yang Sobat butuhkan untuk merasa segar.

Memakai kaos kaki
Kaki dingin membuat Sobat tetap terjaga, terutama selama musim dingin. Jadi, hangat kaki dengan sepasang kaus kaki lembut akan membuat nyaman dan tidur lelap

Mendengarkan Cerita/Dongeng
Wah… Kok seperti anak kecil aja, tapi ini memang bisa terbukti lho Sob. Dari penelitian yang dilakukan oleh Madhu Kaza, seorang seniman dan penulis India berusia 36 tahun yang tinggal di Amerika Serikat, terungkap bahwa membacakan cerita pengantar tidur sangat efektif untuk menolong para penderita insomnia.

Minum Obat
Jika cara-cara diatas tidak berhasil ya bolehlah sekali-kali minum obat, tapi jangan terlalu sering Sob dan yang paling penting jangan minum obat seperti gambar dibawah!


Lebih baik sobat melakukan terapi saja untuk bisa mengobati insomnia untuk waktu panjang karena obat hanya bersifat mengobati untuk waktu yang singkat

0 komentar:

Posting Komentar